Pelaksanaan Simulasi Asesmen di SMP Kediri Terhambat

 

Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di sejumlah SMP negeri dan swasta di Kediri berjalan kurang mulus. Pasalnya, koneksi internet yang digunakan mengalami gangguan dan terputus.

Hal tersebut juga terjadi di SMPN 3 Grogol. Kepala SMPN 3 Grogol, Niam Isbat Futhoha mengatakan jaringan internet mati selama sekitar sepuluh menit.

"Iya, kemarin jaringan internetnya ada gangguan sekitar pukul 09.30 WIB," ujarnya, Kamis (2/9/2021).

Menurut Niam, koneksi internet yang terputus tidak hanya di sekolahnya saja. Melainkan juga di sekolah lain yang menggunakan provider yang sama.

"Selain internet yang sempat terputus, ada beberapa murid yang masih kesulitan memasukkan token berupa username dan password," katanya.

Niam berharap agar pelaksanaan AN selanjutnya dapat berjalan dengan lancar. "Semoga saat AN nanti para siswa tidak kebingungan lagi," tandasnya.

Sementara itu, Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Dinas Pendidikan Kota Kediri, Afando Okta Bahar mengatakan guru di sekolah negeri dan swasta juga wajib mengikuti asesmen.

"Pelaksanannya (asesmen guru) tidak jauh beda dengan asesmen siswa. Itu bertujuan untuk memberi gambaran tentang kondisi sekolah," paparnya.

Fando mengatakan dalam menghadapi AN guru tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Namun, hanya lebih mengoptimalkan kesiapan wifi dan listrik untuk mengantisipasi pemadaman.